Pages

Tuesday, December 4, 2012

Cheklist Persiapan Traveling (Franciscus Chandra Pawitra)

Yang perlu dipersiapkan (Checklist) untuk trip keluar negeri
Saya tidak tahu apakah sharing tentang checklist things yang harus dipersiapkan ketika kita akan bepergian keluar negeri ini akan berguna atau tidak. Tetapi bagi saya, yang sangat tergantung akan checklist (daripada harus mengingat), berasa sangat penting dan sangat membantu saya untuk packing dan merasa tenteram selama perjalanan. Kadang2 ada beberapa hal yang sangat sepele, tetapi ketika kita membutuhkannya dan ada.. sesuatu yang sepele itu – bisa dikatakan – telah menyelamatkan hari saya.
Bagi saya yang sebagian besar perjalanan keluar negeri bukan untuk berlibur, tetapi bekerja, perasaan tenteram dan percaya diri sangat saya butuhkan. Saya tidak tahu yang akan saya temui di sana. Semakin semuanya well-planned, semakin baik bagi saya.
Saya di sini hanya akan mencantumkan beberapa list general saja, beberapa list yang khusus bagi anda tidak bisa saya cantumkan karena kebutuhan anda dan saya berbeda. Berikut beberapa things yang perlu anda bawa:
1. Passport dan Visa. Tentu saja dokumen ini mutlak apabila anda mau melakukan perjalanan keluar negeri. Untuk visa, memang tidak semua negara memerlukan visa, tapi passport wajib untuk selalu anda bawa.Untuk passport, saya suka memberi cover passport saya sehingga ada celah seperti dompet dimana saya bisa meletakkan sobekkan dokumen2 penting dalam perjalanan seperti kartu imigrasi, no bagasi saya dan lain-lain. Dokumen-dokumen itu biasanya saya segera pindah ke dalam tas saya begitu sampai ke hotel/tujuan supaya tidak hilang (apalagi kalau perjalanan anda dibiayai oleh kantor, anda harus memastikan dokumen-dokumen perjalanan anda aman sampai dilaporkan ke bagian GA kantor anda masing-masing).

2. NPWP. Sejak tahun 2011, tanpa menunjukkan NPWP anda sudah tidak perlu membayar biaya fiskal. Tetapi karena tas saya tidak berubah dari tahun 2007 sampai sekarang, NPWP saya masih saja ada di sana dan akan selalu saya bawa.

3. Tiket. Persiapkan tiket anda di dalam tas jinjing/ransel/tas lain yang anda selalu bawa ke kabin pesawat, supaya mudah untuk dikeluarkan waktu check-in di airport. Yang perlu ditunjukkan bersamaan dengan tiket waktu check-in adalah passport anda, airport tax dan (ini penting untuk anda perhatikan) kartu kredit yang dipakai untuk memesan tiket. Baca baik2 semua tulisan di dalam print out tiket anda apakah dicantumkan disana kartu kredit pemesan perlu di bawa atau tidak.
Saya mengalami kejadian di mana tiket dibooked oleh sekretaris kantor menggunakan kartu kredit CEO kantor saya. Waktu itu kami berombongan sama sekali tidak menyadari kalau di printout tiket terdapat tulisan yang menyatakan bahwa kartu kredit yang dipakai untuk membeli tiket harus ditunjukkan ke petugas counter tempat kami checkin, dan apabila kartu kredit tidak bisa ditunjukkan maka boarding pass tidak akan bisa dikeluarkan. Luar biasa ribet waktu itu karena kartu kredit CEO saya tidak kami bawa :)

4. SIM (Surat Ijin Mengemudi) Internasional. Tentu saja jika anda punya. Saya sendiri tidak punya walaupun sering mengemudi mobil sendiri di luar sana :)

5. Uang. Kebiasaan saya adalah dari membawa Rupiah, Mata Uang Negara Tujuan, USD (dolar amerika). Saya perlu rupiah untuk naik taxi dari rumah ke airport, membayar airport tax, dll. Mata uang negara tujuan sebaiknya memang sudah disiapkan sejak dari indonesia walaupun bisa juga anda tukarkan di airport negara tersebut. Biasanya untuk negara2 yang susah dicari mata uangnya di Indonesia (seperti MNT Mongolia) saya akan membawa USD dan ditukar di airport sana. USD selalu saya bawa karena diterima di semua airport ketika saya transit dan perlu membeli sesuatu.

6. ATM dan Kartu Kredit. 2 kartu yang sangat vital kegunaannya. Memang kita bisa membawa cash yang cukup, tetapi bisa jadi uang cash kita sangat kurang apabila tujuan kita adalah kota2 yang asyik buat belanja seperti Paris, Hongkong atau Singapore.

7. Dongle Internet Banking, misalnya Key BCA. Meskipun kita sedang di negara lain, kita tetap tidak bisa melupakan segala urusan rumah di negara sendiri. Mulai hal kecil seperti bayar arisan, listrik atau transfer ke rek. Istri/anak ketika mereka butuh tambahan duit. Internet bankin adalah solusi jitu dan praktis.

8. Buku Bacaan dan Permen. Light and inspiring book. Hindari permen penyebab batuk dan gemuk. Permen penyegar mulut juga sangat dianjurkan.

9. Foto Kopi KTP, KK, Surat Nikah, Akta Lahir. Saya selalu menyiapkan fotokopi dokumen-dokumen ini belajar dari pengalaman teman saya yang kehilangan paspornya ketika di Barcelona. Untuk pengurusan Surat pengganti paspor sementara (Surat Perjalanan Laksana Paspor) dibutuhkan copy dokumen-dokumen tersebut.

10. Kartu Nama. Sangat perlu apabila anda akan bertemu dengan kolega bisnis atau siapapun yang ingin berhubungan lebih lanjut dengan anda.

11. Print Out Konfirmasi Hotel, Invitation Letter, dll. Print out ini diberlukan ketika anda harus menghadapi seperti homeland security interview (waktu saya ke Amerika Serikat). Dengan menunjukkan semua dokumen pendukung ini, interview anda akan jadi lebih mudah tanpa pertanyaan yang sulit dan tentu saja lebih singkat.

12. Print Out Itinerary, jadwal meeting, peta/route menuju tempat2 penting dari hotel, dll. Ini memudahkan anda untuk memastikan jadwal perjalanan anda, apalagi jika harus ke banyak negara tujuan yang berbeda. Seperti misalnya ketika anda berlibur ke negara-negara Schengen, biasanya anda akan mengunjungi beberapa negara sekaligus (misalnya: Spanyol, Italy dan Perancis). Apabila ada hal-hal yang sangat time-sensitive, saya suka membuat alarm/reminder di calendar handphone saya supaya tidak lupa.

14. Ballpoint. Small thing yang sangat berguna. Mulai diperlukan untuk sekedar mengisi form custom di pesawat, menandai peta, mendaftar keanggotaan club hotel dan lain sebagainya. Pastikan tersedia dekat anda selalu.

15. Universal Converter (mudah2an namanya benar-benar Universal Converter). Adalah penyambung colokan listrik anda. Bagi anda yang sering melakukan perjalanan ke berbagai negara, Universal Converter ini sangat-sangat berguna untuk menyesuaikan colokan listrik untuk Laptop, Kamera atau Handphone anda. Yang saya miliki seperti di gambar di bawah. Saya dulu membelinya di Ace Hardware dan sampe sekarang saya bersyukur memiliki Universal Converter ini.

Di luar checklist di atas, biasanya saya juga menyiapkan peta subway, aplikasi kamus, aplikasi pencatat perjalanan (trip diary), path logger, GPS, kompas dan musik di smartphone saya, kamera pocket (meskipun saya punya kamera DSLR, tetapi kamera pocket sangat mudah dibawa dan lebih spontan/cepat). Saya juga menyimpan cuplikan testimoni tentang tempat, sarana transportasi, restoran dan lain sebagainya yang saya temukan di Internet di handphone saya.
Jangan juga lupakan vitamin lengkap dan obat-obatan. Di tempat baru anda memerlukan energi dan tantangan daya tahan tubuh yang lebih besar daripada di rumah. Saya sering punya masalah Maag, jadi obat Maag seperti Mylanta tablet (jadi tidak memerlukan sendok untuk meminumnya) pasti selalu saya bawa.
Selamat menikmati perjalanan anda.

No comments:

Post a Comment